Memilih Jalur Seleksi di Perguruan Tinggi Negeri

Bulan ini, para siswa kelas XII di seluruh Indonesia disibukkan dengan kegiatan yang sangat menentukan masa depan mereka, khususnya bagi yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Tentu saja umumnya berharap dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mereka idam-idamkan apalagi jika diterima di jurusan yang telah lama dicita-citakan.
Ada beberapa jalur seleksi masuk PTN yang dapat ditempuh para siswa yang sekarang duduk di Kelas XII antara lain:
1. Jalur SNMPTN; dimana para siswa dapat memilih dua universitas di seluruh Indonesia melalui seleksi nilai raport yang telah mereka peroleh di semester 1 sampai semester 5. Tentu saja tidak semua siswa bisa mendaftar di jalur ini, sebab masing-masing sekolah diberi kuota sesuai dengan hasil atau nilai akreditasi sekolahnya. Karena kuota yang terbatas maka, seleksi awal para siswa haruslah memiliki rangking nilai minimal sesuai dengan kuota sekolah, misalnya sekolah yang nilai akreditasinya A, maka diberi kuota 50% dari banyaknya siswa sekolah tersebut sehingga yang berhak mengikuti jalur ini adalah mereka yang memilki rangking minimal 50% dari banyaknya siswa masing-masing program (IPA/IPS/Bahas).
2. Jalur Politeknik Negeri; dimana para siswa dapat mendaftarkan diri ke seluruh Politeknik di Indonesia dan diberi jatah 2 (dua) politeknik. Langkah pertama adalah para siswa mendaftar ke sekolah nantinya pihak sekolah akan memberi rekomendasi kepada siswa tersebut untuk mengikuti seleksi. Adapun seleksi juga diambil dari nilai raport yang mereka peroleh di smester 1 sampai semster 5.
3. Jalur SPAN-PTKIN, jalur ini dikhususkan bagi para siswa yang berminat melanjutkan kuliah di Universitas Keagamaan (Islam). Para siswa diberi jatah dua universitas islam di seluruh Indonesia setelah didaftarkan oleh sekolah masing-masing. Meskipun PTN berbasis keagamaan, namun pada perkembangannya saat ini, universitas Islam pun telah menyediakan jurusan-jurusan umum baik MIPA, Teknologi, maupun Bahasa.
4. Jalur UTBK, dimana semua siswa diberi hak yang sama untuk mengikuti seleksi dengan mengisi test yang telah dirancang panitia. Siswa yang memperoleh skor tertinggi untuk jurusan yang mereka pilih, akan dinyatakan lulus.
utnuk itu, para siswa harus jeli meilih jalur mana yang akan dipilih untuk meraih cita-cita mereka. tentu melalui bimbingan guru BP/BK yang mengacu pada hasil psikotest, perolehan nilai raport, serta jeli meilih jursan di universitas idaman, adalah kunci aga bisa sukses tembus di PTN idaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pabelo Bajak Laut Dari Teluk Bima

SINOPSIS BUKU "PERMADANI HIJAU" , BUAH PENAKU